}); Tugas Operator Dapodik Agar Di Sayangi Pimpinan - Wali Kelas -->

Tugas Operator Dapodik Agar Di Sayangi Pimpinan

Tugas Operator Dapodik

Tugas Operator Dapodik - Banyak yang belum tahu mana-mana yang merupakan tugas pokok sebagai seorang operator dapodik/sekolah. Memang operator sekolah menjalani tugas yang bilang amat berat karena berhubungan dengan pekerjaan data satuan pendidikan termasuk didalamnya adalah kesejahteraan para guru khususnya guru penerima aneka tunjangan. 

Keberadaan operator dapodik sangat penting dalam sebuah sekolah, walaupun dalam juknis BOS yang berlaku saat ini dilarang untuk mengangkat khusus operator dapodik, karena operator dapodik bisa dambil dari tenaga kependidikan yang handal memiliki kompetensi khusus di bidang IT,

Bagaimana jika dalam satu sekolah tidak ada satupun yang mampu mengoperasikan PC atau leptop ?

Walaupun dalam juknis bos dilarang untuk memberikan pembayaran rutin honor operator dapodik memberikan sinyal bahwa tidak tenaga khusus yang diangkat sebagai operator pendataan, tetapi sebuah sekolah bisa mengambil kebijakan internal untuk mengadakan seorang tenaga administrasi (tenaga kependidikan).

Nah Tenaga Kependidikan inilah yang akan diberikan tugas tambahan sebagai operator dapodik, tetapi harus orang yang memang benar-benar mampu mengakses IT sehingga sistem penggajian pun diberikan berdasarkan status kepegawaian tenaga kependidikan honorer. 

Sistem penggajian atas tenaga kependidikan honorer diberikan secara rutin berdasarkan nominal persentase juknis bos, sedangkan sistem pemberian insentif sebagai tugas tambahan operator dapodik tetap diberikan berdasarkan dihitung setiap kali mengerjakan dapodik (input data, updating, dll) sesuai dengan juknis BOS.

Jadi simpulnya tenaga kependidikan ini mendapat 2 sumber sistem penggajian yaitu:

  1. Pembayaran rutin sebagai tenaga kependidikan, dan
  2. pembayaran insentif berdaraskan perhitungan setiap mengerjakan dapodik
Harus diingat! uang pulsa tidak termasuk dalam insentif operator dapodik, karena uang pulsa sudah diatur dalam juknis bos, sehingga insentif sebagai OPS berbeda dengan paket pulsa data. Pembelian pulsa data tidak termasuk dalam insentif operator dapodik


Tugas Pokok Operator Dapodik 


Apa saja pekerjaan operator dapodik yang dapat dihitung untuk untuk diberikan insentifnya?

Berikut daftar tugas pokok operator dapodik yang berhubungan erat dengan sistem pendataan di satuan pendidikan.


Input Data di Aplikasi Dapodik


Data yang ada dalam dapodik adalah tugas pokok dan utama bagi seorang operator dapodik. kelasahan dan kebenaran data dalam dapodik adalah tanggung jawabnya, apabila data guru tidak valid maka hal ini adalah tanggung jawab berat bagi seorang OPS, karena hanya OPS yang bisa mengerti input terhadap semua dapat dalam aplikasi dapodi.

Input data yang benar dalam dapodik terdairi dari data satuan pendidikan yakni 
  1. Data sarana dan prasaran, persentase tingkat kerusakan diisi dengan benar dan akuran sesuai fakta di sekolah
  2. Data sekolah yakni identitas sekolah input dengan benar
  3. Data rombongan belajar diisi dengan benar
  4. Data Guru dan tenaga kependidikan, Diisi dengan benar sesuai data yang diberikan oleh guru tanpa manipulasi karena berhungan dengan kesejahteraan dan pengembangan karir guru ke depan
  5. Data Siswa diisi dengan benar sesuai data yang diberikan oleh orang tua siswa, karena berhubungan dengan masa depan anak
  6. Jadwal Mengajar, inilah adalah tugas operator dapodik untuk mengisi jadwal mengajar sesuai dengan sk pembagian tugas mengajar.
  7. Nila siswa, Inilah tugas guru kelas atau guru mata pelajaran untuk menginput nilai siswanya di aplikasi dapodi, tetapi apabila guru tersebut meminta atau karena kurang mampu mengoperasikan leptop maka operator sekolah dapat mengisi nilai dalam aplikasi dapodik.

Updeting Data Dapodik


Yang termasuk dalam kegiatan updating data dapodik adalah syncron,perbaharui versi aplikasi dapodik, menaikan dan meluluskan siswa, menginput siswa baru, serta memperbaiki data yang kesalahan dalam dapodik, 

Kegiatan updeting termasuk centang keatifan guru dan tenaga kependidikan dalam aplikasi dapodik dan pengiriman data sekali dalam sebulan ke server dapodik


Verifikasi Validasi Data Satuan Pendidikan


Yang termasuk dalam kegiatan Verifikasi Validasi Data Satuan Pendidikan adalah melakukan verval sp. Kegiatan ini mengupdet data sekolah yaitu meletakan citra satelit yang benar, opload foto sarana dan prasarana, Opload SK operasional sekolah serta updet data operator sekolah.

Situs ini berfungsi untuk mengupdet data sekolah yang terbaru misalnya mengopload foto sarana dan prasarana terkini sesuai dengan kondisi riil di sekolah. Veval SP adalah tugas Pokok OPS untuk login ke situs verval SP email yang digunakan adalah email yang di daftarkan pada saat operator sekolah meregistrasi dengan mengopload sk penugasan sebagai ops dari sekolah sekolah. Situs verifikasi validasi SP adalah http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id

"Baca Cara Verval SP  "


Verval PTK


Verifikasi Validasi PTK adalah situs yang digunakan untuk verifikasi validasi data guru dan tenaga kependidikan, Yang termasuk dalam verval PTK adalah perbaikan kesalahanidentitas guru, usulan pengajuan NUPTK dan penonaktifan NUPTK serta verval ARSIP PTK. 

Situs verval PTK adalah vervalptk.data.kemdikbud.go.id dengan login menggunakan email yang tekah di daftar di http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. 

Verval PD


verval PD adalah verifikasi validasi data peserta didik yang dioperasikan oleh operator dapodik, Situs verval PD adalah http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id dengan login menggunakan email yang terdaftar di http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. 

Operator sekolah wajib melakukan verval pd. Kegiatan dalam verval PD adalah perbaikan data siswa yang kesalahan input dalam aplikasi dapodik sebagaimana nama, tanggal lahir dana nama ibu kandung tidak lagi bisa diedit dalam aplikasi dapodik tetapi hanya bisa diperbaiku melalui aplikasi vervalpd. 

Dalam verval pd juga terdapat pengajuan mutasi dan pengajuan NISN serta melihat data invalid siswa.

Absen Online Dan PMP


Baru-baru ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merilis daftar hadir guru online dengan nama Data Kehadiran Guru Dan Tenaga Kependidikan. Server utama DHGTK adalah http://223.27.144.195:2017/

Untuk login ke absen online guru harus menggunakan email dapodik dan orang yang tugaskan untuk mengakses data kehadiran guru adalah operator dapodik. pengisian data kehadiran guru tidak mestinya setiap hari bisa saja pada akhir bulan asal jangan melewati pada berjalan.

Aplikasi Penjaminan Muta (PMP) adalah aplikasi yang menjaring mutu seluruh sekolah di tanah air, aplikasi ini pertama diluncurkan pada tahun 2016, setiap guru wajib mengisi kuesener dalam aplikasi PMP, 

PMP adalah tugas semua guru untuk mengisi kuesener, bukan saja ops tetapi apabila diminta untuk mengisi kuesener guru berdasarkan formulir kuesener dari guru maka ops dapat mengisi kuesener miliki guru.


Verifikasi PIP

verifikasi data PIP adalah tugas operator dapodik untuk memverifikasi data penerima PIP 2018. Jadi operator sekolah wajib untuk melakukan kegiatan ini karena berhubungan dengan bantuan siswa dari kemdikbud.

Demikian artikel ini tentang Tugas Operator Dapodik Agar Di Sayangi Pimpinan. 
terima kasih
Blogger
Disqus

No comments