}); RPP Matematika Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Semester 2 - Wali Kelas -->

RPP Matematika Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Semester 2

RPP Matematika Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Semester 2
RPP Matematika Kelas 5 SD Kurikulum 2013 - Teman-teman guru yang saya hormati sebelum memulai pembelajarn pasti akan menyiapkan terlebih dahulu perangkat yang akan digunakan, salah satunya adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, bagi kelas 5 SD semua RPP akan dipakai salah satunya RPP bidang studi matematika SD

RPP Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SD Kurikulum 2013 semester 2 tentang menghitung volume kubus dan bangun ruang sederhana. RPP tersebut berupa file doc sehingga guru kelas 5 SD/MI dapat menggunakan secara mudah. RPP Matematika K13 bagi  kelas 5 SD bersumber dari Pak Soleh SD Negeri Kangenan 1. RPP tersebut merupakan pedoman bagi guru kelas 5 SD cara menghitung menghitung volume bangun ruang. Bangun ruang adalah bangun matemtika yang memiliki isi atau volumen, isi atau volume pada bangun ruang perlu di pahami oleh siswa melalui metode pemecahan masalah.

Bangun ruang yang diajarkan di kelas 5 SD meliputi balok, kubus, limas, prisma segitiga, tabung, kerucut,dan bola, Dari macam-macam bangun ruang diatas memiliki volume yang harus dipahami, dimengerti oleh siswa. Agar Pembejaran matematika khsususnya volume bangun ruang dapat berjalan efektif sesuai dengan kurikulum 2013 maka dibutuhkan RPP kurikulum 2013 khususnya di lembaga pendidikan jenjang SD/Sederajat

Mungkin ada banyak rekan guruj kelas 5 SD yang mencari RPP matematika k13 kelas 5 SD. tetapi untuk saat ini yang terdapat dalam Wali Kelas adalah RPP K13 Kelas 5 SD semester 2. Perlu diperhatikan setelah mendapatkan RPP dan silabus tersebut maka ganti nama sekolah, nama guru kelas 5, nama kepala sekolah, alokasi waktu serta dapat menyesuaikan pertemuan sesuai dengan jadwal mata pelajaran di sekolah masing-masing.

RPP dan silabus kelas kelas 5 SD ini akan sangat membantu guru sebagai panduan dalam melakasanakan pembejaran di kelas sebagaimana baik guru kelas dan guru mata pelajaran diwajikan untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tujuan menggunakan RPP agar proses kegiatan pembejaran benar-benar sesuai dengan kurikulum yang berlaku secara nasional

Tujuan pembejaran dalam RPP Kurikulum 2013 Kelas 5 SD semester 2 ini meliputi :

  1. MencariVolume KubusdanBalok
  2. Mengenal rumus volume kubus dan balok
  3. Menghitung volume kubus dan balok dengan rumus
  4. Mengenalsatuan volume yang baku
  5. Menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok
Metode yang digunakan guru untuk materi volume kubus dan bangun ruang sederhana yaitu diskusi, tanya jawab, ekpositori dan menggunakan metode latihan.

Langkah-langkah pembejaran dalam RPP Matematika Kelas 5 SD K13 semester 2. Untu saat ini yang diambil adalah langkah-langkah kegiatan Inti :

  • Menjelaskan cara mencari panjang, lebar, tinggi pada balok dan sisi pada kubus dengan cara menurunkan dari rumus pokok.
  • Membahas permasalahan yang ada pada soal latihan mengenai volum kubus dan balok secara bersama-sama.
  • Berdiskusi untuk mencari perbedaan bangun datar dan bangun ruang setelah di dapat kesimpulan baru melakukan percobaan untuk mencari volum kubus dan balok dengan menggunakan kubus satuan.
  • Menguji keterampilan siswa dengan soal-soal latihan volum kubus dan balok.
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
Kegiatan awal tentu dimulai dengan apresiasi dan kegiatan penutup merevie kembali materi yang telah diberikan kepada peserta didik. Pemberian tugas kepada siswa berupa tugas individu dan tugas kelompok, bentuk instrument yang gunakan oleh guru kelas 5 SD adalah lapora, unjuk kerja dan obyektif. Untuk instrumen soal adalah menyebutkan volume kubus dan balok, memperkenalkan volume kubus dan balok, serta satuan volume baku.

Cara Download RPP Matematika Kelas 5 SD K13 Semester 2

Untuk materi pengolahan data : yaitu menurunkan data dan membaca data dalam tabel,sedangkan metode yang digunakan adalah observasi dan diskusi. Untuk mendownload RPP Matematika Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Semester 2 klink link download dibawah ini. Kedua file RPP dan silabus telah dibuatkan menjadi satu file rar sehingga dapat donload sekaligus.

Cara download RPP dan silabus Matematika Kelas 5 SD Kurikulum 2013 semester genap yaitu ketika klik link download dibawah ini maka akan terbuka halaman baru lalu akan muncul halaman adfly, perhatikan waktu mundur biasanya 5 detik hingga 0 jika sudah menunjukan waktu 0 detik klik link atau SKIP ADD lalu akan muncul lagi halaman berikut media fire, lalu klik download




Demikian RPP Matematika Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Semester 2 semoga rpp dan silabus kelas 5 SD ini bermanfaat bagi guru wali kelas. Setelah mendapatkan rpp tersebut maka lakukan ekstract.  RPP tersebut adalah RPP kurikulum revisi 2017

Baca Juga : KKM Kurikulum 2013 SD Semua Kelas

Terima kasih
Blogger
Disqus

No comments