}); Cara Verval SP Untuk Sapras Yang Double Sift Dan Salah Input Di Dapodik - Wali Kelas -->

Cara Verval SP Untuk Sapras Yang Double Sift Dan Salah Input Di Dapodik

Cara Verval SP Untuk Sapras Yang Double Sift Dan Salah Input Di Dapodik
Foto Ruang Kelas 4 & 5/Double Sift/ SDN Kamalapau

Cara Verval SP Untuk Sapras Yang Salah Input di Dapodik
: Sahabat Operator sekolah yang saya kasihi.. Data sapras yang diinput dalam aplikasi dapodik perlu lagi untuk melakukan verval melalui akun verval http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id yang didaftarkan melalui operator sekolah. Verval SP adalah Verifikasi Validasi Satuan Pendidikan yang merupakan dasbor untuk mengupdet data satuan pendidikan yang terkait dengan sarana dan prasarana, Surat Ijin Operasional, Citras Satelit letak sekolah, perbaikan data satuan pendidikan, dan citra profil sekolah. Untuk dapat menggunakan atau login ke akun verval sp pastikan terlebeih dahulu sudah melakukan registrasi di sdm.data.kemdikbud.go.id.


Untuk memverifikasi kebenaran data sapras yang diinput dalam dapodik maka ada citra prasarana dalam akun verval sp yang berfungsi untuk mengopload foto gedung/bangunan dan foro prasaran yang terdapat dalam sebuah ruangan. Foto sarana dan prasarana yang perlu diopload dalam verval SP adalah foto sarana prasarana yang memang benar-benar ada di sekolah. Apabila sudah terlanjur menginput data sapras yang salah atau tidak ada di sekolah sangat penting menghapus kembali sapras di aplikasi dapodik. 

Setelah data sapras sudah di hapus di dapodik langkah selanjutnya melakukan verval SP untuk memvalidasi sapras yang sudah diperbaiki di dapodik

Baca dulu : Cara Hapus Data Sapras Di Dapodik "

Nah, bagi teman-teman operator sekolah yang sudah terlanjur input sarana dan prasarana dan sudah terlanjut kirim melalui aplikasi dapodik maka sangat penting melakukan verval untuk keabsahan data sapras di sekolah. 

Misalnya :


"Di Sekolah hanya terdapat 6 rombel namun ada kekurangan 1 ruangan yaitu ruangan guru tidak ada sehingga menggunakan ruangan belajar untuk dijadikan sebagai rungan guru. Karena 1 ruangan belajar dipakai untuk dijadikan sebagai ruang guru  maka salah satu ruangan belajar tidak lagi difungsikan sebagai ruangan belajar, karena bagaimanapun juga ruangan untuk guru memang harus diadakan karena memang penting. Dengan melihat melihat kekurangan ruangan pada sekolah tersebut maka diambilah kebijakan untuk menggabungkan 2 kelas di salah satu runagan belajar. Misal kelas 3 dan 4 digabungkan di ruangan 3 dan untuk ruangan untuk guru dipakai rombol 6"

Maka yang dilakukan di dapodik adalah :

  • Nama sapras yang di gunakan oleh kelas 3 dan 4 adalah Kelas 3/4
  • Untuk ruangan belajar yang difungsikan sebagai ruang guru, jenis prasarana pilih ruang teori/kelas, Ketika nama " Ruang Guru " kemudian bagian keterangan ketik " ruang teori/kelas yang difungsikan sebagai ruang guru karena alasan kekurangan 1 ruangan "
  • Kemudian sync dapodik
Setelah sync dapodik tunggu minimal durasi waktu 1 x 24 jam untuk perubahan data sapras hasil perubahan di PDSP Kemdikbud.

Cara validasi Sapras Yang double sift dan salah Input di Verval SP


Data yang terkirim melalui dapodik akan melakukan updet/perubahan di PDSP kemdikbud termasuk di dalamnya adalah data sapras. Maka oleh karena itu perubahan data yang terjadi di kemdikbud perlu juga kita updet data citranya berupa file foto JPEG,JPG. Foto yang diupdet adalah foto protretan terbaru bukan foto potretan tahun lalu atau 2 tahun lalu.

Berikut cara validasi sapras doblue sift dan salah input :
  • Buka akun http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/
  • Citra Prasarana
  • Pilih Prasarana = Pada menu prasarana akan tampil nama data sapras hasil perubahan dari dapodik. Nama sapras yang telah dihapus akan tampil nama sapras " lainnya " dengan keterangan " salah input " Rombel yang diberi nama kelas 3/4 di dapodik juga akan muncul, Begitu juga ruang guru akan muncul dengan jenis sarana ruang teori/kelas
Cara Verval SP

  • Nama prasarana yang tampil seperti gambar diatas adalah nama yang sesuai dengan nama sapras yang ada di dapodik
  • Opload semua foto prasarana di atas sesuai dengan nama rombel yang digunakan di sekolah. Kecuali nama sapras yang salah input atau yang telah dihapus.
  • Opload nama sapras yang digunakan untuk 2 kelas (doblesift), Beri judul Misal " Ruang kelas 4 dan 5 yang didouble sift "
cara verval sp


  • Klik simpan
Akan menunggu persetujuan perubahan dari admin PDSP Kemdikbud. Data sapras hasil perubahan yang telah disetujui oleh kemdikbud akan tampil di beranda Sekolah Kita

Demikian artikel ini cara Cara Verval SP Untuk Sapras Yang Double Sift Dan Salah Input Di Dapodik, semoga dapat membantu, Thanks
Blogger
Disqus

No comments