}); Cara Verval PD Untuk Memperbaiki Identitas Siswa Yang Salah Di Dapodik - Wali Kelas -->

Cara Verval PD Untuk Memperbaiki Identitas Siswa Yang Salah Di Dapodik

Berbagi Cara Verval PD Untuk Memperbaiki Identitas Siswa Yang Salah Di Dapodik- Portal Wali Kelas akan memberikan bagaimana cara yang tepat untuk memperbaiki identitas siswa (nama, tanggal lahir, nama ibu kandung) yang salah dalam aplikasi dapodik). Versi dapodik saat ini sudah terkunci bagian item perbaikan identitas siswa dan guru. Untuk dapat melakukan perbaikan indentitas peserta didik, guru dan tenaga kependidikan harus melakukan perbaikan melalui akun verval


Alamat Verval PD, Verval SP, Verval PTK


Ada tiga verval yang digunakan oleh operator sekolah yang masing-masing verval tersebut memiliki fungsi masing-masing. Ketiga verval tersebut adalah verval SP, VervalPTK dan VervalPD 

Alamat verval PD adalah http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id

Alamat vervalPTK adalah vervalptk.data.kemdikbud.go.id

Alamat Verval SP adalah vervalsp.data.kemdikbud.go.id

Baca : Cara Verval SP untuk sapras yang double sift dan salah input di dapodik

Tapi yang saya bahas sekarang di sini melalui artikel ini adalah cara memperbaiki nama siswa, tanggal, bulan dan tahun lahir siswa yang salah input di aplikasi dapodik melaui verval PD. Verval PD adalah verifikasi validasi peserta didik berupa aplikasi web yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan Dan kebudayaan untuk memverifikasi validasi data peserta didik.

Data Peserta Didik yang terdapat dalam verval PD adalah data siswa yang terdapat dan sudah dikirim melalui aplikasi dapodik. Untuk dapat login ke akun verval PD terlebih dahulu operator dapodik melakukan registrasi di alamat www.sdm.data.kemdikbud.go.id dengan melampirkan scan SK penugasan dari kepala sekolah sebagai operator sekolah.

Kembali dengan topik diatas cara verval pd untuk memperbaik nama, tanggal lahir dan nama ibu kandung siswa. Sebegaimana telah kita ketahui bahwa untuk mengedit perbaikan nama peserta didik dalam aplikasi dapodik tidak bisa lagi diedit langsung ke dalam aplikasi tetapi harud diedit di alamat verval peserta didik.

Cara Melakukan verval PD untuk memperbaiki identitas siswa yang salah input dalam apliaksi dapodik sebagai berikut :

1. Kunjungi alamat http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id

2. Login menggunakan alamat email dan pasport yang digunakan pada saat daftar di sdm.data.kemdikbud.go.id

3. Ketika sudah berhasil login, Klik menu Edit Data, Klik Pengajuan - Klik Nama & Tanggal Lahir.

4. Pilih Siswa yang ingin diperbaiki identitasnya. maka akan mucul halaman perbaikan identitas siswa tersebut.


Cara Verval PD Untuk Memperbaiki Identitas Siswa Yang Salah Di Dapodik


5. Item yang diperbaiki dalam verval peserta didika adalah nama, tanggal lahir, tempat lahir, jenis kelamin, nama ibu kandung, dan dokumen.

6. Jika hanya nama saja yang salah maka semua isian harus diisi kembali, atau jika hanya nama ibu kandung saja yang salah input maka semua kolom isia identitas siswa juga harus diisi semua.

7. Opload dokumen, Dokument yang diopload adalah Kartu Keluarga (KK), atau Akte kelahiran, kedua dokumen tersebut discan aslinya, bukan copian yang discan. Dokumen harus di scan menggunakan format PNG, atau JPG, maksimal ukuran file dokumen 1 MB

8. Klik Pengajuan Perubahan.

Setalah melakukan pengajuan perubahan maka antrian akan masuk di sub menu status pada bagian Edit Data. Pengajuan perubahan akan diaprove oleh dinas pendidikan kabupaten/kota bagi jenjang dikdas, dan dinas peropinsi bagi jenjang menengah

Untuk melihat status apakah telah diaprove atau belum maka dapat dilihat di menu status. Setelah berhasil dan telah disetujui perubahan data, selanjutnya sincron kembali dapodik agar data perubahan masuk ke aplikasi dapodik. ketika data hasil perbaikan telah masuk ke dapodik maka sepenuhnya telah berhasil memperbaiki identitas siswa di dapodik.

Demikian artikel ini terkait Cara Verval PD Untuk Memperbaiki Identitas Siswa Yang Salah Di Dapodik, semoga dapat membantu bagi rekan Operator dapodik.
Blogger
Disqus

No comments