}); Contoh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Guru KTSP Dan K13 - Wali Kelas -->

Contoh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Guru KTSP Dan K13

Instrumen Supervisi Guru
Ass.waklum, salam sejahtra saya ucapakan kepada Bapak/Ibu Kepala Sekola Jenjang Pendidikan Dasar. Menjadi kepala sekolah bukan hal yang gampang tetapi menjadi kepsek memiliki tanggung jawab yang besar mulai mengurus menejemn sekolah sampai pada mengayomi guru-gurunya. Salah satu tanggung jawab kepala sekolah adalah melakukan supevisi kepada guru bantunya sehingga kepala sekolah berlaku sebagai supervisor di sekolah, Hasil monitoring akan ditindak lanjuti demi penyempurnaan kegiatan di sekolah, Selaku supervisor kepala sekolah akan membutuhkan perangkat atau instrument yang akan dipakai. Oleh karena itu admin memuat   Contoh perangkat supervsi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Guru -  Format Supervisi Guru Kurikulum 2013 dan Kuirkulum Tingkat Satuan Pendidikan Ini akan sangat membantu bagi bapak Ibu guru kepala sekolah memandu dalam pengisian nilai supervisi bagi guru.

Format isian supervisi kepala sekolah terhadap guru kelas maupun guru mata pelajaran sekolah pelasakana kurikulum 2013 (K13) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Di setiap organisasai tentu ada penilaian dan evaluasi apalgi kalau di satuan pendidikan perlu melakukan penilaian dan evaluasi yang dilaksanakan oleh atasan.

Pengertian Supervisi Kepala Sekolah terhadap Guru



Supervisi kepala Sekolah terhadap guru adalah kegiatan untuk menilai proses pembelajaran yang dilakasanakan guru yang sedang berlangsung. Dalam mengamati kegiatan pembelajaran sudah tentu mengamati kesesuaian berdasarkan instrumen yang dibuat. Oleh sebab itu sebelum melakukan supervisi guru di kelas maka terlebih dahulu harus mempersiapkan instrumen yang menjadi panduan. Tanpa menggunakan instrumen maka dipastikan supervisi tidak akan sistematis dan akurat.

Sobat pembaca Wali kelas karena ada banyak pengguna maik guru maupun kepala sekolah mencari format atau instrumen supervisi guru maka dengan saat ini admin memuat format supervisi guru kelas maupun guru mata pelajaran. Instrumen supervisi yang disiapkan di sini adalah Instrumen Supervisi kepala sekolah terhadap Guru Untuk K13 Dan KTSP yang berbentuk file doc sehingga dapat di edit kembali sesuai dengan kebutuhan.



Form Supervisi Kelas :


Dalam lembar format supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah baik untuk kurikulum 2013 maupun KTSP terdapat beberapa form yaitu :


Form 1 Instrumen Supervisi RPP


RPP yang dibuat akan digunakan sebagai panduan dalam melaksanakan proses pembelajaran maka supervisi RPP pun wajib dilakukan. Aspek yang dinilai dalam supervisi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah perumusan indikator, perumusan tujuan pembelajaran, materi pelajaran, media yang digunakan, metode mengajar, Rencana Kegatan Pembelajaran dan penilaian.


Form 2 Instrumen Pelaksanaan RPP


Dalam melaksanakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran perlu dilakukan supervisi untuk mengetahui apakah pelaksanaan pengajaran di kelas sesuai dengan RPP yang telah dibuat atau tidak. 

Ada beberapa hal yang diamati dalam supervisi RPP yakni

  • Aspek Apresiasi dan motivasi: Pada aspek apresiasi akan menampilkan perilaku yang berhabat sehingga peserta didik lebih termotivasi. Apakah guru dalam mengajar mengapresiasi siswa atau tidak.
  • Penyampian kompetensi dan rencana kegiatan, pada bagian ini supervisor akan mengamati apakah guru menymapaikan kompetensi yang sesuai dengan RPP yang atau tidak.
  • Kegiatan Inti. Pada Kegiatan Inti yang dimati adalah penguasaan materi, penerapan strategi dan metode pembelajaran yang tercantum dalam RPP serta sumber belajar yang digunakan.
  • pelibatan Peserta didikan. Pada aspek ini apakah guru melibatkan siswa dalam pembelajaran atau tidak, apakah guru lebih dominan dalam pembelajaran atau siswa dan guru terlibat aktif dalam proses pengajaran.
  • Penilaian : Pada aspek ini apakah guru yang disupervisi memberikan penilaian kepada siswa atau tidak
  • Penggunaan Bahasa Indonesia yang benar dan baku
  • Kegiatan penutup: Pada kegiatan inti hal-hal yang diamati adalah pakah guru membuat refleksi, membuat rangkuman, mengumpulkan hasil karya dan tindak mlanjut hasil karya peserta didik.

Instrument Monitoring Administrasi Kelas


Administrasi kelas sangat mendukung dalam proses KBM di kelas, Administrasi kelaspun di supervisi kerana administrasi kelas adalah manajemen kelas yang harus dibuat dan dikembangkan oleh guru kelas.

Hal-hal yang yang dimati dalam adminitasi kelas sebagai berikut
  • Apakah guru memiliki SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.
  • Apakah guru memiliki jadwal pelajaran minimal 24 jam per minggu
  • Apakah guru membuat program tahunan dalam tahun terakhir
  • Apakah guru membuat program semester untuk dua semester terakhir.
  • Apakah guru membuat program semester untuk dua semester terakhir.
  • Apakah guru memiliki silabus yang dibuat sendiri dan silabus dari pemerintah
  • Apakah guru memiliki RPP yang disusun sendiri 
  • Apakah guru melakukan pembelajaran sesuai jadwal
  • Apakah guru memiliki dan menggunakan buku teks dan buku referensi
  • Apakah guru memiliki rancangan penilaian , penilaian , Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UH
  • Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UTS
  • Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik, kriteria dan kisi-kisi penilaian UAS
  • Apakah guru mengoreksi hasil ulangan
  • Dan lain-lain masih banyak lagi
Bagi Bapak Ibu guru yang membutuhkan contoh Instrumen Supervisi kepala sekolah terhadap Guru Untuk K13 Dan KTSP maka klik tautan di bawah ini



Demikian Instrumen Supervisi Kepala sekolah terhadap Guru baik Untuk K13 Dan KTSP bagi kepala sekolah yang akan melakukan supervisi guru kelas maupun guru mata pelajaran. Instrumen telah buatkan menjadi file rar sehingga harus di ekstract terlebih dahulu

semoga bermanfaat.

Blogger
Disqus

No comments