}); KI KD Kurikulum 2013 SD Edisi Tahun 2018 Semua Kelas - Wali Kelas -->

KI KD Kurikulum 2013 SD Edisi Tahun 2018 Semua Kelas

KI KD Kurikulum 2013 SD

KI KD Kurikulum 2013 SD, - Sahabat guru yang budiman di seluruh pulau Nusantara yang saya hormati, Salah satu kelengkapan administrasi/perangkat pembelajaran yang wajib untuk di miliki dan dikembangkan oleh guru jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaitah adalah pemetaan KI dan KD Kurikulum 2013. KI dan KD adalah bagian dari Buku Kerja Guru SD Kurikulum 2013 kelompok satu. Pemetaan KI dan KD harus dibuat terlebih dahulu sebelum mengambangkan RPP.

Pengertian KI KD Kurikulum 2013 SD

Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan siswa yang harus dicapai untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada suatu satuan pendidikan, kelas, dan suatu program. KI merupakan operasional dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL). dalam kurikulum 2013 setiap muatan mata pelajaran berada dibawah naungan Kompetensi Inti yang dirumuskan dalam artian bahawa setiap materi mapel yang diajarkan kepada siswa harus bermuara pada pembentukan Kompetensi Inti (KI) 

Sedangkan Kompetensi Dasar adalah kompetensi yang diiturunakn dari kompetensi Inti, KD adalah kompetensi siswa yang terdiri dari, spiritual, sikap, keterampilan dan pengetahuan yang bersumber dari kompetensi Inti (KI) yang harus dikuasai oleh siswa. KI dan KD bukanlah untuk diberikan kepada siswa melainkan hanya sebagai pegangan bagi dalam mengajar karena dalam KI KD Kurikulum 2013 SD mengandung pesan-pesan spritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan, karena itu setia guru SD/MI wajib untuk memiliki dan mengembangkan pemetaan KI KD Kurikulum 2013 SD

Strukutur Kurikulum 2013 dalam pemetaan KI dan KD K13 SD edisi 2018 adalah sebagai berikut :

Muatan Mapel Kelompok A :

  • Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  • PKn
  • Bahasa Indonesia
  • Matematika
  • Ilmu Pengetahuan Alam  (IPA)
  • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Muatan Mapel Kelompok B :
  • Seni Budaya dan Prakarya (termasuk Mulok)
  • Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan (termasuk mulok)

Download KI dan KD Kurikulum 2013 SD 

Karena memang sangat penting untuk membuat pemetaan KI KD K13 SD maka saat ini admin membagikan dengan gratis format KI KD Kurikulum 2013 untuk SD/MI revisi 2017 tahun pelajaran 2018/2019 berjenis file (MS-Word) doc. sehingga rekan pendidik dapat mengedit dan menyesuaikan sesuai kebutuhan masing-masing guru.

Untuk diketahui bahwa KI KD Kurikulum 2013 SD terdiri dari pemetaan KI dan KD Kurikulum 2013 SD Kelas 1, 2,3,4,5 dan kelas 6 semester 1 dan semester 2. Setelah selesai download maka bapak/ibu harus diekstract untuk membuka mengedit kembali karena sudah dimasukan dalam ekstensi file rar.

Bagi rekan pendidik jenjang SD/MI yang membutuhkan pemetaan KI KD K13 SD semua kelas maka klik  link download dibawah ini







Demikian Pemetaan Komptensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 SD/MI edisi 2018 semoga bermanfaat.

Baca Juga : 

  1. RPP K13 PJOK Kelas 1 Revisi 2018 
  2. Silabus Matematika K13 Kelas 3 Revisi 2018 Semester 1 dan 2


Terima Kasih

Blogger
Disqus

No comments